Flash

6/recent/ticker-posts

Cara Menggunakan Pewarna Indigosol pada Batik

Cara menggunakan pewarna indigosol dalam proses mewarnai kain batik dianggap sebagai salah satu cara yang cukup mudah.

Selain kemudahan dalam proses penggunaannya, pewarna batik indigosol sendiri dalam pewarnaan batik juga terkenal sebagai jenis pewarna yang paling bagus dan tahan lama.

Contoh beberapa nama pewarna Indigosol serta hasil warnanya/Doc pribadi/Em

Dalam artikel ini kami ingin menyampaikan sebuah tips cara membuat larutan pewarna indigosol beserta penguncinya.

Sebelumnya, jika pembaca ingin tahu lebih banyak tentang pewarna indigosol bisa mengunjungi tautan ini. Kami sudah mengulas cukup detail dalam artikel tersebut mengenai kualitas pewarna indigosol.

Nah, untuk artikel sederhana ini kami hanya ingin menyampaikan hal yang berkaitan dengan tata cara membuat larutan pewarna indigosol. Jika pembaca belum sempat membeli pewarna atau pengunci warna untuk indigosol, bisa membeli pada kami dengan menghubungi kontak yang sudah kami terakan dalam laman berikut ini.

Yak, langsung saja kita mulai langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat larutan pewarna indigosol ini. Berikut adalah beberapa langkah yang dimaksud:

Pertama, sediakan semua bahan-bahan yang diperlukan yaitu;

1. Bubuk pewarna indigosolnya.
Kunjungi laman ini untuk mengenal nama-nama pewarna indigosol.

2. Pengunci warna
Pengunci warna untuk indigosol ini yaitu sodium nitrit dan air keras

3. Air panas baru mendidih
Sediakan air panas ini minimal separuh takaran. Misal untuk membuat larutan pewarna 1 liter maka sediakanlah setidaknya setengah liter air panas baru mendidih.

4. Wadah atau tempat larutan
Sesuaikan ukuran wadah ini, kalau misalkan untuk 1 liter pakailah ember dan sejenisnya yang memuat air sedikitnya 1 liter air. Kalau cuman mau bikin larutan sedikit saja misalnya 200 ml, maka bisa menggunakan gelas plastik atau sejenisnya.

5. Kuas untuk mencolet jika diperlukan
Buat sendiri dengan mengikat perca kain pada ujung suatu lidi/kayu kecil. Buatlah dengan rajin. Namun kalau keperluannya untuk mtode celup, maka kuas ini tidak diperlukan.

Ke dua, takar bubuk pewarna terlebih dahulu. Untuk hasil maksimal, ambil 50 gr bubuk pewarna untuk 1 liter air.

Ke tiga, masukkan bubuk pewarna yang sudah ditakar ke dalam wadah. Lalu berikan air panas separuh dulu, aduk sampai semua bubuk larut dalam air panas tersebut. Jika sudah, tambahkan separuh lagi air dingin (air adem biasa).

Ke empat, kuaskan atau coletkan larutan pewarna ini pada kain yang ingin diwarnai. Atau kalau metode pencelupan, kain batik mentah yang akan diwarnai dengan pewarna indigosol bisa langsung dicelupkan ke dalam larutan pewarnanya.

Ke lima, angin-anginkan hasilnya terlebih dahulu. Biarkan sampai pewarna yang dicoletkan atau dicelupkan mengering. Untuk metode pencelupan, setelah dicelup dan kondisi kain masih kuyup, sebaiknya dikibas-kibaskan dengan cara dibentangkan oleh dua orang dari dua sisi berlawanan. Kibas-kibaskan sejenak di bawah terik matahari. Kalau sudah dirasa tidak lagi kuyup, bisa kemudian dijemur biasa. Tunggu hingga kering.

Ke enam, fiksasi
Fiksasi di sini yaitu kita harus membuat larutan penguncinya terlebih dahulu dengan menggunakan sodium nitrit dan air keras. Untuk mempermudah pencelupan pada pengunci ini, ada baiknya pengunci untuk fiksasi ini dibuat dengan volume yang cukup banyak sekira 10-20 liter.

Adapun resep membuat pengunci pewarna indigosol ini yaitu takar nitrit seberat 25 gram, larutkan kedalam 5 liter air. Lalu tambahkan air keras 25 gram juga, kemudian tambahi air 5 liter lagi.

Jika sudah, kain batik yang sudah diwarna tadi tinggal dicelupkan dan direndam sesaat pada larutan pengunci tersebut. Saat direndam itu, harusnya sudah nampak hasil pewarnaannya. Dan ketika diangkat, warna sudah benar-benar nampak dengan jelas.

Ke tujuh, cuci hasilnya
Setelah melalui tahap pewarnaan (baik dengan metode coletan maupun dicelupkan), serta sudah melewati proses fiksasi pada larutan pengunci, selanjutnya tinggal dicuci dengan air bersih. Sebaiknya direndam beberapa saat sebelum dikeringkan atau dilorod.

Nah, itulah cara penggunaan warna indigosol yang dapat kami sampaikan. Kurang dan lebihnya kami memohon dengan hormat agar dimaklumi adanya. Sekian dulu dari kami.

Wassalam, semoga bermanfaat, dan bagi pembaca yang ingin membeli pewarna indigosol bisa mengunjungi toko online kami di tokopedia berikut: Pelengkap Batik Merang

Tabik,
Admin Batik Merang