Flash

6/recent/ticker-posts

Tentang Batik Merang Pekalongan

Logo Batik Merang

Batik Merang adalah sebuah nama baru di dunia Batik yang berkonsentrasi pada fashion. Batik Merang didirikan dengan mulai memproduksi pakaian pria yaitu hem dan kemeja pada pertengahan tahun 2015. Memasuki awal tahun 2017, Batik Merang masih belum mencoba menjelajahi wilayah pasar-pasar Batik yang sudah terkenal seperti Pasar Klewer di Solo, Pasar Kliwon di Kudus, Bringharjo Yogyakarta, Trusmi di Cirebon, Turi di Surabaya dan lain-lain.

Sampai pada pertengahan semester awal tahun 2016, Batik Merang masih memilih fokus melayani pemesanan dari kolega kerabat serta teman-teman pemilik Batik Merang dari berbagai kota di pulau Jawa khususnya Jawa Tengah. Dan sampai hari ini pun, Batik Merang masih belum menunjukkan minatnya untuk memasarkan produknya ke pasar-pasar tersebut di atas. Dengan alasan bahwa sebagai permulaan, Batik Merang bermaksud mengenalkan produknya kepada orang-orang terdekat lebih dulu sebelum dijual di pasaran.

Batik Merang sudah memiliki beberapa akun di media sosial dan juga sudah membuka beberapa toko di situs penjualan online seperti bukalapak, tokopedia, OLX dan lain-lain. Tujuan utamanya tentu saja ingin mengenalkan produk Batik Merang ke siapa saja yang mengakses toko-toko online tersebut. Namun demikian, keterbatasan SDM menjadi kendala bagi Batik Merang untuk selalu mengupdate produk-produknya ke toko-toko online tadi. Akhirnya dengan berjalan sebisanya, Batik Merang sementara hanya bisa melayani pemesan/calon pembeli yang mengontak secara private entah melalui media sosial seperti facebook, twitter, atau juga via chat online di nomor whatsapp Batik Merang.

Selain keterbatasan SDM yang menjadikan Batik Merang terkesan lambat dalam pemasarannya, kendala lain juga turut menjadikan Batik Merang belum dikenal luas oleh masyarakat, yaitu terbatasnya modal yang dimiliki. Dua hal ini yang secara garis besar membuat Batik Merang belum bisa beroperasi dengan maksimal serta optimal.

Namun dengan semangat ikut meramaikan pasar pakaian jenis Batik, Batik Merang terus mencoba memberikan yang terbaik kepada pemesan/calon pembeli. Langkah-langkah yang ditempuh pun cukup baik yaitu dengan terus berusaha tepat waktu dalam menerima pesanan. Di samping itu juga tentu saja Batik Merang selalu menjaga kualitas produknya entah itu jenis kain, ketahanan warna, atau segi kerapihan jahitannya.

Batik Merang rencanya hanya akan fokus pada produksi pakaian pria yaitu hem, kemeja, serta celana kolor. Serta pakaian wanita model blouse, short dress, long dress, celana, rok, serta kerudung/hijab. Kesemuanya, diproduksi melalui proses Batik Cap dan Tulis. Jadi Batik Merang tidak akan memproduksi kain untuk dijadikan pakaian dengan proses printing. Dengan alasan bahwa printing, sebagus apa pun motif Batiknya, bukan bagian dari Batik itu sendiri.

Demikian secara singkat perjalanan Batik Merang yang dapat kami sampaikan. Terima kasih.

Salam Batik Merang.

Admin.