Flash

6/recent/ticker-posts

Peluang Bisnis Batik Pekalongan, 2 Langkah yang Harus Diambil

Peluang dan potensi sukses berbisnis batik, masih adakah?

Apa langkah yang harus diambil jika kita ingin berbisnis batik Pekalongan?

Batik Pekalongan sedang dijemur untuk dikeringkan. Foto: Antara News
Pekalongan sudah lazim dikenal sebagai kota batik. Karena memang pada umumnya warga di Pekalongan secara garis besar hidup sebagai pengrajin dan pengusaha batik baik dalam skala usaha kecil-kecilan, menengah, hingga usaha dalam skala besar. Maka dari itu tak heran jika pelabelan kota batik disematkan pada kota yang berada di wilayah pantura ini.

Di setiap sudut kota dan kabupaten Pekalongan, kita bisa dengan mudah menemukan berbagai toko butik yang menyediakan batik. Jumlah toko butik batik di Pekalongan ini sangatlah banyak sekali. Kami pernah mengulas tentang beberapa titik yang menjadi pusat perbelanjaan batik di Pekalongan. Silakan bagi kalian yang belum sempat membaca, bisa mengunjunginya melalui tautan berikut.

Dengan jumlah toko butik yang menyediakan batik, baik dalam bentuk lembaran kain maupun yang sudah dijahit menjadi pakaian seperti hem batik, kemeja batik, blus, kebaya, dan seterusnya, Pekalongan jelas menjadi kota sentra batik nusantara. Bisa dibilang, produksi batik di Pekalongan inilah yang jumlahnya paling besar dan dipasarkan ke daerah-daerah di luar Pekalongan.

Beberapa kota di luar Pekalongan yang sudah dikenal banyak orang sebagai kota yang menyediakan pasar batik, selalu didatangi oleh pedagang batik asal Pekalongan. Solo dengan pasar Klewernya, adalah salah satu yang terbesar. Di pasar Klewer Solo ini, banyak pedagang batik asal Pekalongan yang setiap seminggu sekali berangkat ke sana untuk memperdagangkan batiknya.

Selain Solo, batik dari Pekalongan juga masih dipasarkan secara konvensional oleh para pedagangnya di kota lain. Sebut saja Cirebon (pasar Trusmi), Surabaya (pasar Turi), Kudus (pasar Kliwon), Jogja (pasar Beringharjo), serta kota-kota lain mulai dari Jakarta, Medan, Padang, Palembang dan seterusnya.

Pemasaran batik dari Pekalongan dengan cara konvensional semacam ini sudah berlangsung sejak lama dan masih terus bertahan hingga saat ini. Ada yang beropini bahwa cara pemasaran semacam ini sudah usang karena kini saatnya bagi warga Pekalongan untuk melihat potensi strategi pemasaran lain seperti online marketing, misalnya. Online marketing dianggap oleh pebisnis saat ini sebagai strategi paling jitu untuk memasarkan produk.

Order produk di atas via Tokopedia Official Store Sarung Kanjeng GRATIS ONGKIR Motif Glory Rose Motif Parang Asmara Motif Glory Rose Tie Dye Motif Laksmana Kasiji Motif Parang Kawung Motif Parang Sujana Motif Sabar Narima Full Motif Kawung Pasopati Kelengan Motif Kuntul Sejodo Retro Motif Eling Lan Waspada Motif Pure (Polos)

Apakah warga di Pekalongan tidak merespon perkembangan ini? Tentu saja mereka meresponnya dengan baik. Ini bisa kita lihat dari kian bertambahnya pedagang batik online yang berseliweran di beranda facebook kita atau di timeline instagram kita. Para pedagang batik online ini umumnya adalah mereka yang masih berusia muda.

Lalu, adakah peluang bagi orang-orang di luar Pekalongan yang ingin berbisnis online dengan berjualan Batik? Ada. Masih cukup besar malah peluangnya. Ini tentu saja harus dilihat secara lebih terperinci peluang semacam ini oleh orang-orang di luar Pekalongan. Peluang ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Tetapi permasalahannya, bagaimana orang di luar Pekalongan bisa memulai berbisnis jualan batik secara online? Apa langkah awal yang bisa dan harus dilakukan?

Nah, kami dari Batik Merang akan membagikan tips kepada pembaca sekalian yang ingin berbisnis batik dengan memasarkan batik dari Pekalongan secara online di lain kesempatan. Untuk sementara, kami akan membocorkan 2 langkah penting bagi kalian yang berada di luar Pekalongan jika ingin berjualan batik secara online. Apa saja 2 langkah tersebut?
Grosir Batik Pekalongan. Foto: Detik News
Pertama, temukan supplier terpercaya. Untuk menjual batik, jika kalian bukan produsen maka yang harus kalian temui adalah supplier batik. Nah, di Pekalongan, ada ratusan supplier batik yang bisa kalian temukan dan kalian ajak bekerjasama dalam hal bisnis penjualan batik ini.

Apakah semua supplier itu terpercaya? Belum tentu demikian. Maka dari itulah kalian membutuhkan langkah kedua. Apa itu langkah kedua yang dimaksud di sini? Lanjut baca, yah.

Kedua, datangi supplier. Untuk menunjukkan keseriusan kalian dalam berbisnis, maka yang wajib kalian lakukan adalah dengan menemui secara langsung calon mitra bisnis kalian. Untuk itulah, wajib bagi kalian yang berada di luar Pekalongan untuk datang ke Pekalongan dan menemui supplier yang sudah kalian cari dan temukan sebelumnya.

Apakah bisa supplier ditemukan di Pekalongan? Sangat bisa dan kami yakin jumlahnya sangatlah banyak. Di mana supplier batik Pekalongan ini bisa ditemukan? Mudah sekali. Kalian tinggal datang ke Pekalongan dan datanglah ke pusat perbelanjaan batik di Pekalongan (pernah kami ulas dalam artikel ini). Nah, di pusat perbelanjaan itulah kalian bisa menemukan supplier batik yang bisa kalian percaya.

Kalau dua langkah tersebut sudah kalian jalani, selanjutnya kalian tinggal memulainya dengan segera. Tentang nota kesepakatannya bagaimana, itu merupakan urusan antara kalian dengan supplier. Usahakan untuk tidak membuat kesepakatan yang bisa menimbulkan kecurigaan dan berkurangnya rasa percaya. Untuk itulah, yang tak kalah penting juga yaitu saling menjaga kepercayaan.

Dapatkan penghasilan tambahan dari website dengan bermitra pada AdNow.
Baiklah pembaca Batik Merang semuanya, kami kira sementara cukup sampai di sini dulu artikel tentang peluang dan potensi berbisnis batik ini kami tuliskan. Jangan lupa untuk share artikel ini dan terus kunjungi blog Batik Merang untuk memperoleh update artikel tentang dunia batik.

Salam,
Admin Batik Merang.