Flash

6/recent/ticker-posts

Pusat Perbelanjaan Batik di Pekalongan

Pekalongan adalah Kota Batik, hal ini sudah barang tentu dikenal oleh banyak masyarakat secara luas baik dari dalam maupun luar negeri. Lalu, di mana saja kita bisa menemukan Batik di Pekalongan ini?

sumber gambar: cakruddy.blogspot.com
Batik Merang akan sedikit mengulas beberapa tempat yang menjadi pusat perbelanjaan Batik di Pekalongan, baik di Kota Pekalongan maupun di Kabupaten Pekalongan. Tentu saja ada begitu banyak outlet yang menyediakan Batik mulai dari kain Batik, pakaian jadi, hingga pernak-pernik atau souvenir yang dibuat dengan motif Batik.

Jadi, di mana sajakah kalian dapat berbelanja Batik jika berkunjung ke Pekalongan? Berikut kami ulas sedikit mengenai tempat-tempat yang dapat kalian kunjungi untuk berbelanja Batik di Pekalongan.

Baca dulu Perbedaan Batik Tulis dan Cap.

Pertama; Grosir Batik Setono.
Pasar Grosir Batik Setono ini berlokasi di Jalan Pantura Pekalongan tepatnya di Jl Dr. Sutomo No. 1-2, Baros Pekalongan Timur, Kota Pekalongan 51129. Kalau kalian dari arah timur (Surabaya, misalnya) maka Grosir Setono ini bisa kalian temukan di arah barat Terminal Bus Pekalongan. Dan jika kalian dari arah barat (Jakarta), kalian akan menemukannya sebelum Terminal Bus Pekalongan. Di sana, kalian akan mendapati ratusan kios yang kesemuanya menjajakan Batik mulai dari hem, kemeja, atasan, sarung, daster, sandal, tas, dan sepatu motif Batik, sprei, dll.

Menurut informasi yang dirilis cintapekalongan.com, Pasar Grosir Setono ini didirikan mulanya untuk menampung pengusaha kecil-menengah yang ada di Pekalongan. Para pengusaha ini “di beri” wadah agar produksi Batik mereka tidak melulu di pasarkan ke luar daerah. Pasar Grosir Setono, masih menurut rilisan cintapekalongan.com, menempati bangunan bekas Pabrik Tekstil yang sudah tidak beroperasi.

sumber gambar: cintapekalongan.com
Di Pasar Grosir Setono, kalian tidak perlu khawatir karena beberapa fasilitasnya cukup memadai. Tempat parkir yang luas (termasuk parkir bus pariwisata), mesin ATM lengkap, Musala, Toilet, hingga tersedia pula kios yang menyediakan makanan dan minuman yang kebanyakan menawarkan sajian khas Pekalongan seperti Tauto.

Baca juga: Belajar Mewarna Batik

Bagaimana dengan harga-harga Batik di Pasar Grosir Setono? Di sana, kalian dapat berbelanja Batik dengan harga mulai yang super-murah hingga yang termahal. Tentu saja perbedaan harga ini dipengaruhi oleh kualitas kain, jenis Batik, dan seterusnya. Yang termurah, kalian dapat membeli Batik dengan harga tak lebih dari 50.000 rupiah.

Pedagang-pedagang yang memenuhi kios-kios di Pasar Grosir Setono ini biasanya mulai buka sejak pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore. Lonjakan pengunjung terjadi biasanya pada akhir pekan dan akan nampak sangat ramai pada hari-hari libur, serta hari menjelang Lebaran (Hari Raya Idul Fitri).

Kedua; International Batik Center.
Tempat berbelanja Batik terbesar kedua yang ada di Pekalongan adalah International Batik Center and Craft atau lebih dikenal dengan singkatannya; IBC & Craft. Beralamat di Jl Ahmad Yani No. 573 Pekuncen, Wiradesa, Pekalongan 51152.

sumber gambar: Kompasiana
Dari arah barat, International Batik Center bisa kalian temukan di sebelah kanan jalan. Atau kalian yang dari arah timur, akan menemukannya di sebelah kiri jalan dekat dengan Pasar Wiradesa yang juga berada di sekitaran jalan Pantura.

Tak berbeda jauh dengan Pasar Grosir Setono, International Batik Center (IBC) juga menyediakan berbagai macam jenis Batik hasil karya pengusaha dan pengrajin Batik Pekalongan. Kalian dapat berbelanja Batik dari yang termurah namun berkualitas hingga yang mahal dengan kualitas terbaik di sini. Di IBC, kalian juga akan mendapati berbagai macam souvenir hasil kreasi warga yang memiliki corak Batik seperti vas bunga, gantungan kunci, dan lain-lain.

Di sini, kalian cukup mudah untuk membedakan mana Batik yang murah dan mana yang mahal yaitu dengan merasai ada-tidaknya AC. Yang ber-AC biasanya menjajakan Batik dengan harga yang lebih mahal. Sebaliknya, yang non-AC lebih banyak menyajikan Batik berharga murah. Meski demikian, kesan modernitas tetap akan kalian rasakan di IBC tanpa pedulikan ber-AC atau tidak.

IBC juga dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap, bahkan tersedia pula taman bermain untuk anak-anak kecil. Di samping itu, International Batik Center juga ditunjang oleh fasilitas menarik yaitu pendopo, galeri, serta tempat untuk belajar membatik. Jadi selain berbelanja, kalian juga bisa sekaligus belajar bagaimana membuat Batik.

International Batik Centre and Craft (IBC & Craft) biasanya mulai beroperasi sejak pukul 8 pagi hingga sore hari. Beberapa kios bahkan ada yang buka sampai malam hari. IBC & Craft ini biasanya dipenuhi pengunjung pada hari-hari libur dan ramai pada hari-hari di bulan puasa atau jelang lebaran alias Hari Raya Idul Fitri. Biasanya, pada hari-hari tersebut akan ditemukan berbagai diskon menarik.

Baca artikel menarik lain kami di sisni.

Ketiga; Pasar Banjarsari (Sentiling).
Pasar Banjarsari atau yang oleh orang Pekalongan dulu lebih dikenal dengan nama Pasar Sentiling, merupakan alternatif lain untuk berbelanja Batik selain Pasar Grosir Setono dan International Batik Center and Craft. Pasar Banjarsari berada di Jl Sultan Agung, Sampangan, Pekalongan Timur, Kota Pekalongan.

Rating Pasar Banjarsari ini memang cukup rendah karena ia memang bukan merupakan pasar khusus yang menawarkan produk-produk Batik saja. Pasar Banjarsari juga diisi pedagang-pedagang sayuran, buah-buahan, sembako, serta peralatan-peralatan rumah tangga. Bisa dibilang, Pasar Banjarsari ini sebetulnya merupakan pasar yang lengkap karena tidak hanya dipenuhi oleh pedagang-pedagang itu saja, tetapi tersedia juga Mall di sana yang mana letaknya sama persis berada dalam satu bangunan.

Pada bagian depan, kalian akan melihat pintu-pintu Mall yang di bagian kanan-kirinya terdapat kios-kios para pedagang Batik. Sedangkan di bagian belakang, kalian akan menemukan berbagai pedagang kebutuhan pokok sehari-hari hingga pedagang sayur-mayur. Semuanya, tumpah-ruah di Pasar Banjarsari. Meski begitu, Batik di pasar ini juga lumayan variatif. Kalian bisa berbelanja Batik di Pasar Banjarsari ini dengan menyusuri blok-blok lorong-lorong yang relatif sempit yang dipenuhi dengan berbagai macam jenis Batik. Tentu harga yang ditawarkan pun cukup murah terutama bagi kalian yang berniat untuk kulakan.

Meski demikian, seperti kami sebutkan di atas, di Pasar Banjarsari, kalian juga akan menemukan Mall dalam satu bangunan. Sehingga apabila kalian merasa penat dan lelah muter-muter di area kios Batik, kalian bisa segera me-refresh dengan memasuki Mall yang bernama Mall Borobudur itu. Pasar Banjarsari, adalah wajah yang menampilkan betapa modernitas dan tradisionalitas bersatu. Karena kelengkapannya ini, kalian jarang akan menemukan Pasar Banjarsari dalam keadaan sepi. Kecuali tentu saja di tengah malam.

Pasar Banjarsari, terutama kios-kios Batiknya, biasanya mulai beroperasi pada pukul 8 pagi hingga senja tiba. Pada bulan puasa (bulan Ramadan) atau jelang Hari Raya Idul Fitri, Pasar Banjarsari biasanya diserbu warga Pekalongan karena beberapa produk di sana dijual dengan harga yang relatif lebih murah dibanding tempat lain.

Tulisan kami yang berisi Cerpen bisa ditemukan di sini.

Itulah beberapa tempat di Pekalongan yang menjadi pusat-pusat perbelanjaan Batik. Selain ketiga tempat tadi, tentu saja masih ada tempat lain yang juga menyajikan berbagai macam jenis Batik seperti misalnya Buaran Batik Center (BBC) yang berada di Kecamatan Buaran, Kabupaten Pekalongan. Atau ada juga Pasar Kedungwuni yang berada di Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan. Nama terakhir, kondisinya mirip dengan Pasar Banjarsari alias Pasar Sentiling, bedanya Pasar Kedungwuni tidak berdiri bersama Mall.

Di samping itu, kalian juga dapat menemukan berbagai butik, outlet, serta ruko-ruko yang tersebar di seantero Pekalongan yang banyak menyediakan Batik. Hampir di setiap jalan di Pekalongan, kalian sebetulnya akan menemukan banyak toko-toko yang khusus memperdagangkan Batik selain juga bahwa beberapa daerah di Pekalongan dikenal dengan Kampung Batik karena dalam satu kampung tersebut mayoritas warganya adalah pengusaha dan pengrajin Batik seperti di Kampung Batik Pesindon atau Kampung Batik Kauman.

Demikianlah artikel mengenai Pusat-pusat perbelanjaan Batik di Pekalongan ini kami sajikan. Segala kekurangan yang ada dalam tulisan ini, kami ucapkan mohon maaf yang sedalam-dalamnya. Jangan lupa untuk share informasi ini apabila menurut kalian bermanfaat.

Terimakasih.

Salam,
Admin Batik Merang.

Sumber: cintapekalongan.com | internationalbatik.com | travelingcow.com