Flash

6/recent/ticker-posts

Fungsi Soda Ash dalam Pewarnaan Batik

Soda ash (natrium karbonat) berfungsi untuk memperkuat pewarna reaktif pada proses pewarnaan kain batik.

Selain itu, soda ash juga bisa kita manfaatkan untuk keperluan lain baik dalam proses pembuatan batik itu sendiri maupun pada hal-hal lain di luar urusan batik. Apa saja manfaat dan kegunaan soda ash ini?

ilustrasi bubuk soda ash. Gambar dari ksb.com
Fungsi soda ash bagi pewarna batik adalah sebagai penguat pewarna khusus pewarna reaktif baik procion maupun remasol. Kedua jenis pewarna batik reaktif ini pernah kami uraikan dalam artikel beberapa kesempatan lalu.

Silakan kunjungi artikel mengenai remasol dan procion melalui tautan berikut ini.

Ya, soda ash bisa difungsikan sebagai penguat bagi pewarna batik jenis reaktif. Dengan menambahkan soda ash pada larutan pewarna reaktif baik procion maupun remazol, maka secara otomatis pewarna tersebut dapat menjadi kuat dan tidak luntur.

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap jenis pewarna batik hampir semuanya membutuhkan zat pembantu agar pewarna tersebut dapat bekerja dengan sempurna dan matang. Soda ash dapat digunakan sebagai bahan pembantu tersebut khusus pada pewarna jenis reaktif yaitu procion dan rhemazol. Tanpa bantuan soda ash, pewarna tersebut tidak dapat bekerja dengan benar alias akan luntur.

Namun meski demikian, untuk pewarna procion dan remasol ini, selain menggunakan soda ash sebagai penguatnya, kita juga dapat menggunakan pembantu lain yaitu soda kue atau water glass. Bagi jenis pewarna reaktif, soda ash, soda kue, dan water glass, memiliki fungsi yang hampir serupa yaitu untuk memperkuat dan mempertajam warna. Akan tetapi, metode dan cara penggunaannya barangkali berbeda-beda.

Pada artikel sebelumnya kami sempat mengulas cara penggunaan water glass bagi pewarna procion maupun remasol ini. Silakan kunjungi tautan ini untuk membaca artikel tersebut.

Soda ash juga berfungsi untuk melepas lilin malam saat pelorodan. Saat kita ingin melepaskan lilin malam pada kain pada saat pelorodan (perebusan kain untuk melepaskan lilin malam yang telah dibatikkan pada kain), kita juga bisa memanfaatkan soda ash. Semua lilin malam yang masih menempel pada kain batik mentah kita, setelah kita lorod dengan menggunakan air panas dan diberi soda ash, maka lilin malam tersebut akan segera terberai dari kain.

Dalam bahasa kimiawi, soda ash dikenal dengan nama Natrium Karbonat dengan rumus Na2CO3. Zat dalam soda ash ini merupakan garam natrium yang berasal dari asam karbonat. Dalam artikel Wikipedia, Natrium Karbonat ini disebut sebagai zat yang mudah larut dalam air. Adapun untuk rasa soda ash dikatakan memiliki rasa pahit/alkalin. Jadi, jangan sampai mulut kita kemasukan soda ash, ya sahabat-sahabat Batik Merang semua. Biarlah urusan asmara kita yang pahit, mulut kita jangan. Eh. Hehehe.

Soda ash juga bisa digunakan untuk membuat abstraksi batik yaitu dengan menaburkan pada kain berwarna. Hah? Bagaimana ini caranya? Lho.. Belum tahukah kalian bahwa soda ash ini sangat bagus untuk membuat batik abstrak? Baiklah kalau memang kalian belum pada tahu, akan kami beritahu bagaimana cara kerjanya. Cara membuat batik abstrak dengan memanfaatkan soda ash.

Singkatnya, soda ash ini saat kita taburkan pada kain yang sudah kita celup dengan pewarna (sejauh percobaan kami, ia hanya work pada pewarna indigosol, remasol, procion, dan pigmen). Saat kain masih basah oleh pewarna jenis tersebut, kita tinggal meregangkan kain pada permukaan semi rata (misal pada tanah atau rerumputan yang tingginya merata), lalu kita taburkan soda ash ke sana. Lihatlah hasilnya. Kain tersebut akan berwarna abstrak karena ada titik-titik indah yang dihasilkan oleh penaburan soda ash.

Lain kali, kami akan suguhkan bagaimana langkah-langkah membuat batik abstrak dan apa saja jenis dan bahan yang diperlukan.
ilustrasi bubuk soda ash 2. Gambar dari islandblush blog.

Lalu, adakah manfaat lain soda ash di luar urusan batik? Untuk keperluan di luar batik, soda ash bisa difungaikan untuk membunuh tanaman. Iyap, betul sekali bahwa soda ash yang sudah kita larutkan dengan air, jika kita siramkan pada tanaman, maka tanaman tersebut bisa segera mati kekeringan.

Pemanfaatan semacam ini bisa kita aplikasikan pada tanaman rumput liar yang barangkali tumbuh subur memenuhi pekarangan rumah kita, misalnya. Dengan menyiraminya menggunakan soda ash yang sudah dilarutkan, maka tanaman-tanaman liar di sekitar rumah kita bisa cepat mati. Itulah sedikit manfaat soda ash di luar batik yang bisa kita praktikkan.
 
Soda ash juga terkandung dalam detergent. Pada setiap detergent yang biasa dipakai untuk mencuci pakaian, juga di dalamnya terkandung soda ash alias natrium karbonat ini. Fungsi soda ash dalam detergent ini untuk membuat hasil cucian kita menjadi halus dan lembut. Ini nyaris sama pemanfaatannya pada saat soda ash digunakan dalam metode pelorodan kain batik tadi. Kain batik yang dilorod dengan menambahkan soda ash pada air panas, maka hasil lorodan batik tersebut akan lebih halus dan lembut serta seluruh lilin malam yang menempel bisa sirna.

Bagaimana, pembaca blog Batik Merang sekalian? Apakah artikel ini cukup membantu kalian dalam memahami fungsi dan manfaat soda ash dalam pewarnaan batik dan hal-hal di luar batik? Semoga artikel sederhana ini cukup membantu ya, sahabat-sahabat semua.

Baik, demikianlah artikel mengenai fungsi soda ash ini kami sajikan di sini. Selanjutnya, jika kalian ingin membeli soda ash atau sekadar tanya-tanya lebih jauh mengenai soda ash, kalian bisa menghubungi kami melalui link berikut.

Terima kasih.

Sekian,
Admin Batik Merang.