Flash

6/recent/ticker-posts

Tips Berbelanja Batik untuk Persiapan Lebaran

Kita bisa membeli baju batik lebaran secara online maupun offline

Pilhannya, kita bisa mengakses marketplace online semacam Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Lazada dll untuk membeli batik lebaran. Di samping itu, kita juga bisa berpetualang dengan jalan-jalan ke pasar-pasar tradisional atau butik-butik yang menyediakan baju batik jika kita ingin membeli baju batik lebaran

Shopee logo
Setiap lebaran, selalu ada momen di mana kita menghabiskan uang untuk belanja berbagai kebutuhan mulai dari makanan ringan, kebutuhan dapur, hingga yang paling terkenal adalah belanja pakaian baru di masa jelang lebaran. Dalam artikel singkat ini, kami dari Batik Merang ingin sedikit memberikan tips di mana kita bisa membeli baju batik dengan kualitas terbaik namun dengan harga yang masih terjangkau.

Sebelum kami sajikan informasi mengenai tips membeli baju batik untuk lebaran kali ini, kami akan informasikan terlebih dahulu bahwa ada dua cara belanja pakaian batik untuk persiapa lebaran kalian. Dua cara tersebut yaitu secara online (baik melalui online marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dst), dan secara offline (dengan mendatangi pasar-pasar yang terkenal menyediakan berbagai macam batik, maupun ke beberapa butik).

Untuk belanja secara online, berikut adalah tips belanja batik secara online yang mudah, aman, nyaman, terpercaya, dan dijamin menyediakan varian batik siap pakai yang serba-serbi.

Pertama, belanja online melalui Shopee
Di Shopee-pee-pee-pee-pee-pee~, eh kok malah nyanyi kaya iklan, yah? Hehehe. Di Shopee, dengan mengaksesnya melalui website-nya (Shopee.co.id) maupun kita akses dari aplikasi di gawai cerdas, kita bisa melakukan pencarian baju atau pakaian batik yang ingin kita beli dengan sangat mudah.

Tips, saat kita berniat membeli batik melalui Shopee, usahakan untuk membeli di toko yang memiliki rating dan penilaian tinggi. Mengapa demikian? Karena toko yang sudah memiliki rating (ditandai dengan bintang) tinggi, maka toko tersebut sudah bisa dipastikan sebagai toko terpercaya. Dan di Shopee, ada istilah Star Seller untuk toko yang sudah dinyatakan sebagai toko terpercaya.

Akan tetapi, tidak ada salahnya kalau semisal kita ingin mencoba berbelanja di toko yang belum memiliki rating tinggi. Karena sistem marketplace seperti Shopee ini menggunakan pembayaran melalui rekening bersama, maka meskipun kita berbelanja di toko yang belum berlabel "Star Seller" sekalipun, kita tetap merasa aman karena ada jaminan jika barang belum sampai di tangan kita, maka uang yang kita bayarkan bisa kembali pada kita.

Troli belanja, ilustrasi
Kedua, belanja offline di pasar grosir
Di beberapa kota di Indonesia, nyaris dapat semua kota terdapat pasar yang khusus menjual berbagai jenis pakaian jadi, termasuk batik. Nah, jika kita merasa kurang percaya membeli baju batik lebaran melalui toko online seperti di atas, maka kita bisa menjatuhkan pilihan berikutnya yaitu dengan berbelanja di pasar.

Salah satu kelebihan utama berbelanja di pasar melalui jalur offline (dengan menatangi kios secara langsung), adalah kita bisa melihat langsung bahkan menyentuh baju batik yang hendak kita beli. Selain itu, kita juga biasanya diperkenankan untuk mencoba terlebih dahulu sehingga yang demikian dapat meminimalisir atau bahkan menyelamatkan kita dari salah ukuran. Artinya, dengan baju batik yang ingin kita beli bisa kita coba terlebih dahulu, maka otomatis kita bisa tahu ukuran mana yang pas bagi tubuh kita.

Nah, pembaca Batik Merang sekalian, bagaimana pun pilihan ada di tangan kita masing-masing. Kita bisa membeli baju batik untuk lebaran kita di mana saja semau kita asal kita percaya dan yakin bahwa transaksi yang kita lakukan aman dan nyaman.

Biasanya, orang-orang yang tak ingin repot, lebih memilih berbelanja secara online karena memang kelebihan berbelanja online adalah kita tidak perlu keluar rumah, cukup tiduran di kamar, klik ini klik itu, beres. Tinggal tunggu barang diantar sampai rumah di hari berikutnya.

Akan tetapi, jiwa petualang biasanya lebih memilih berbelanja batik dengan langsung mendatangi kios-kios batik yang ada di berbagai kota. Atau mendatangi beberapa butik yang menyediakan baju batik, yang biasanya pada hari-hari menjelang lebaran, sering memberikan diskon yang cukup menggiurkan dan sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Jadi, demikianlah artikel mengenai dua tips berbelanja baju batik ini kami rangkum dan sajikan. Terus kunjungi blog sederhana ini untuk memperoleh pembaharuan mengenai dunia perbatikan, ya sahabat Batik Merang semua.

Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H
Mohon maaf lahir dan batin.

Salam batik,
Admin